Sabtu, 06 Agustus 2011

SATLAN DAN MATERI BIDANG PRIBADI KELAS X

PERSIAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
SMK NEGERI 2 PENGASIH
SEMESTER ….. TAHUN ……….


1.
Kelas
:

2.
Jumlah Siswa
:
                      (L =           , P =            )
3.
Bidang Layanan
:
Belajar
4.
Aspek Perkembangan
:
Aspek perkembangan perilaku etis
5.
Materi Pokok
:
Hak dan kewajiban siswa, tata tertib sekolah
6.
Pertemuan Ke
:

7.
Waktu
:
Hari                  , Tgl                                , Jam                     
8.
Tujuan
:
F     Siswa dapat memahami hak dan kewajibannya sebagai warga sekolah.
F     Siswa dapat memahami tata tertib sekolah dengan segala konsekuensinya.
9.
Pokok-pokok Materi Sajian
:

10.
Alat Bantu/Media
:


11.
Metode/Strategi Penyajian
:

12.
Kegiatan guru B & K
:


13.
Kegiatan Peserta Didik
:

14.
Evaluasi
:


15.
Tindak Lanjut
:




Pengasih, ………………
Guru B & K

………………………
NIP ………………..

HAK DAN KEWAJIBAN SISWA,
TATA TERTIB SEKOLAH

 
1.       Hak dan Kewajiban Siswa

Hak adalah sesuatu yang seharusnya menjadi milik seseorang. Kewajiban sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang. Seseorang akan mendapatkan haknya apabila telah menjalankan kewajibannya atau sebaliknya.

Tugas 1
Diskusikanlah apa saja yang menjadi hak dan kewajiban anda di sekolah, serta bagaimana pelaksanaannya.
Bentuklah kelompok yang terdiri dari 3-5 orang.
Hasil Diskusi
Kewajiban anda sebagai pelajar :
...……………………..……………………….……………………….………………...
…….…………………..……………………….……………………….………………
………………………..……………………….……………………….……………….
………………………..……………………….……………………….……………….
Hak sebagai pelajar :
...……………………..……………………….……………………….………………...
…….…………………..……………………….……………………….………………
………………………..……………………….……………………….……………….
………………………..……………………….……………………….……………….

Bagaimana anda melaksanakan hak dan kewajiban anda sebagai siswa?
Manakah yang harus didahulukan, menuntut hak atau memenuhi kewajibannya?
...……………………..……………………….……………………….………………...
…….…………………..……………………….……………………….………………
………………………..……………………….……………………….……………….

2.      Tata Tertib Sekolah

Tata tertib adalah serangkaian peraturan, tata nilai, atau nilai moral yang berlaku di lembaga sekolah.

Tugas 2.
Bacalah tata tertib yang berlaku di sekolah Anda !
Tata tertib sekolah sangat bermanfaat dalam menciptakan suasana belajar yang konduktif dan efektif. Tujuan tata tertib BUKAN MENGHAMBAT atau MEMBATASI tetapi justru mengatur, memperlancar dan menciptakan suasana kegiatan bersama yang adil, teratur, tertib, tertata rapi dan saling menjaga suasana tenteram.
1.        Setujukah anda dengan pernyataan tersebut ? Berilah alasan dan contoh !
…………………..……………………….……………………….…………………
…………………..……………………….……………………….…………………

2.        Sebutkan manfaat tata tertib bagi siswa dan sekolah ?
…………………..……………………….……………………….…………………
…………………..……………………….……………………….…………………
3.        Pada kenyataannya masih ada siswa yang melanggar tata tertib, apakah yang menjadi penyebabnya? Bagaimana mengatasinya.
…………………..……………………….……………………….…………………
…………………..……………………….……………………….…………………

 
INTERNALISASI

Andi adalah siswa kelas X. Ia sering membolos. Bahkan ia mengajak teman-temannya untuk membolos juga. Setiap hari Andi pasti membolos. Hal ini membuat guru-guru khawatir akan nilai akhir semester Andi dan teman-teman Andi. Beberapa kali Andi telah dinasehati oleh guru di kelas, tapi tetap saja membolos. Bahkan yang lebih parah lagi, Andi mulai tidak rapi dalam berpakaian, rambut tidak dipotong, ia juga sering terlambat masuk kelas. Perilaku Andi ini membuat teman-teman satu kelas malas belajar juga, karena mereka kemudian meniru perilaku Andi tersebut.

Berilah tanggapan dan solusi menurut kamu tentang :
F     Bagaimana caranya supaya Andi tidak bolos lagi?
F     Bagaimana sebaiknya sikap teman-teman Andi dengan ajakan Andi untuk bolos?
F     Dalam cerita ini apakah sikap teman-teman Andi telah tepat?

LAPORAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER …… TAHUN ………..

 
1.
Kelas
:

2.
Jumlah Siswa
:
                      (L =           , P =            )
3.
Bidang Layanan
:
Belajar
4.
Aspek Perkembangan
:
Aspek perkembangan perilaku etis
5.
Materi Pokok
:
Hak dan kewajiban siswa, tata tertib sekolah
6.
Pertemuan Ke
:

7.
Waktu
:
Hari                , Tgl                         , Jam        
8.
Permasalahan Saat Proses
:

9.
Penyelesaian Yang Dilakukan
:

10.
Tindak Lanjut
:





Pengasih, ……………………
Guru B & K

……………………………….
NIP ………………………….


 
PERSIAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
SMK NEGERI 2 PENGASIH
SEMESTER ……. TAHUN ……….


1.
Kelas
:

2.
Jumlah Siswa
:
                (L =         , P =            )
3.
Bidang Layanan
:
Pribadi
4.
Aspek Perkembangan
:
Aspek perkembangan pengembangan diri
5.
Materi Pokok
:
Orientasi BK
6.
Pertemuan Ke
:

7.
Waktu
:
Hari                  , Tgl                                , Jam                     
8.
Tujuan
:
F     Siswa dapat Mengetahui fungsi BK di sekolah
F     Siswa dapat memanfaatkan layanan BK di sekolah
9.
Pokok-pokok Materi Sajian
:

10.
Alat Bantu/Media
:

11.
Metode/Strategi Penyajian
:

12.
Kegiatan guru B & K
:


13.
Kegiatan Peserta Didik
:


14.
Evaluasi
:


15.
Tindak Lanjut
:




Pengasih, ……………………
Guru B&K

……………………………….
NIP ………………………….

ORIENTASI BK


Bimbingan dan konseling terdiri dari dua kata yaitu bimbingan dan konseling. Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang diberikan kepada individu atau kelompok individu untuk mencapai kebahagiaan. Sedangkan konseling dalam bahasa Latin, istilah konseling disebut ”Counsilium” yang berarti ”dengan” atau ”bersama”. Dalam kamus Bahasa Indonesia, untuk istilah itu mengandung pengertian kurang lebih sama dengan “penyuluhan”. Namun dalam praktek sehari-hari ternyata ”penyuluhan” digunakan secara lebih luas hingga bersifat non konseling. Selanjutnya definisi konseling memperhatikan rambu-rambu seperti yang dikemukakan oleh Patterson dalam bukunya Tri Marsiyanti (1998 : 9), ciri-ciri konseling adalah :
a.    Konseling adalah usaha untuk menimbulkan perubahan tingkah laku secara sukarela pada diri klien (klien ingin mengubah tingkah lakunya dan meminta kepada konselor).
b.         Maksud dan tujuan konseling adalah menyediakan kondisi-kondisi yang memudahkan terjadinya perubahan secara sukarela.
c.   Usaha-usaha untuk memudahkan terjadinya perubahan tingkah laku dilakukan melalui wawancara konseling.
d.         Mendengarkan merupakan suatu hal yang berada dalam konseling tetapi tidak semua konseling adalah mendengarkan.
e.    Konseling dilaksanakan dalam suasana hubungan pribadi antara konselor dan klien. Hasil pembicaraan yang dilakukan itu bersifat rahasia.
Jadi definisi konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan dalam suasana hubungan tatap muka antara seorang ahli (yaitu orang yang telah mengikuti pendidikan khusus dan terlatih secara baik dalam bidang bimbingan dan konseling) dan seorang individu yang sedang mengalami suatu masalah atau kesulitannya sendiri, dan bertujuan untuk membantu individu tersebut dapat mengembangkan keterampilan-keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.
Di sekolah untuk mendapatkan layanan bimbingan dan konseling telah disediakan guru dengan kompetensi di bidang tersebut. Jadi apabila siswa hendak bertanya, konsultasi, memecahkan permasalahan dalam bidang pribadi, sosial, belajar, karier maka dapat memanfaatkan layanan BK di sekolah.



Tugas 1.

Buatlah sebuah drama yang diperankan secara kelompok. Drama tersebut menceritakan tentang gambaran layanan BK di sekolahmu. Pentaskan drama tersebut di depan kelas untuk mendapat tanggapan teman-temanmu.

Tugas 2

Buatlah tulisan tentang guru BK di sekolahmu! (Guru BK di SMP)



LAPORAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER …… TAHUN ………..

1.
Kelas
:

2.
Jumlah Siswa
:
                      (L =           , P =            )
3.
Bidang Layanan
:
Pribadi
4.
Aspek Perkembangan
:
Aspek perkembangan pengembangan diri
5.
Materi Pokok
:
Orientasi BK
6.
Pertemuan Ke
:

7.
Waktu
:
Hari                , Tgl                         , Jam        
8.
Permasalahan Saat Proses
:

9.
Penyelesaian Yang Dilakukan
:

10.
Tindak Lanjut
:





Pengasih, ……………………
Guru B & K


……………………………….
NIP ………………………….


Penyusun : Ratmi Kuswati, S.Pd
(Materi dan Satlan ini adalah bagian isi modul Bimbingan Konseling, karya Ratmi Kuswati, S.Pd)
HP. 085228394669

Tidak ada komentar:

Posting Komentar